QUBOOL HAI

QUBOOL HAI, atau bisa diterjemahkan sebagai "Saya Setuju/Menerima", merupakan sebuah serial televisi produksi 4 Lions Film yang ditayangkan di stasiun Zee TV mulai Oktober 2012 hingga sekarang, dengan durasi penayangan 20 menitan setiap episodenya. Serial ini berfokus pada komunitas Muslim di India dan bertujuan untuk menghilangkan stereotip tentang Islam.



Serial ini mendapatkan beberapa penghargaan seperti pada ITAA 2013 untuk kategori Best Serial serta Best Actor (kepada Karan Singh Grover sebagai pemeran utama). Selain itu 3 penghargaan dari Zee Golden Awards 2013 untuk kategori Best Actor (Popular) - Karan Singh Grover, Best Actrees (Debut) : Surbhi Jyoti, dan Best Couple - Karan Singh Grover dan Surbhi Jyoti.


SINOPSIS

QUBOOL HAI berkisar pada kehidupan sebuah keluarga Muslim yang melintasi dua generasi, yaitu Asad, Zoya dan putri mereka, Sanam. Kisahnya dimulai dengan sosok Zoya Farooqui (Surbhi Jyoti), seorang gadis Muslim modern, independen dan bersemangat yang tinggal di Amerika Serikat.

Namun ia mengalami masalah karena kakaknya, Zeenat (Sangeeta Kapure) dan suami Zeenat, Anwar (Harsh Vasishta) telah memilihkan calon suami untuknya. Untuk itu, Zeenat dan Anwar membawa Zoya pergi ke India dengan alasan liburan padahal untuk pernikahan gadis tersebut. Sebenarnya Anwar tidak yakin dengan rencana pernikahan tersebut sehingga percaya bahwa Zeenat tidak akan berhasil menyakinkan Zoya untuk menikahi Akram, calon suami yang dipilih Zeenat dan keluarganya.

Tentu saja Zoya tidak mau menikah karena dijodohkan tanpa kemauannya sendiri, apalagi ia punya masalah di masa lalunya yang ingin diselesaikannya. Anwar pun mendorong Zoya agar lari. Di sisi lain, terdapat seorang pemuda yang bernama Asad Ahmed Khan (Karan Singh Grover). Ia benci kepada ayahnya, Rashid Ahmed Khan karena sang ayah menikah lagi dan meninggalkan ibunya, Dilshad. Namun Asad tidak tahu ada alasan tertentu sehingga Rashid meninggalkan mereka.

Akibat ditinggalkan Rashid, Dilshad harus berjuang mencari nafkah untuk menghidupi Asad dan adiknya. Sejak itulah Asad bersumpah harus menjadi sukses dan kaya agar Dilshad tidak perlu bekerja lagi. Upayanya berhasil karena Asad menjadi arsitek terkemuka dan juga pemilik perusahaan konstruksi sukses. Walaupun begitu ia tidak pernah melupakan kemiskinan keluarganya sehingga ia berusaha membantu kaum miskin.

Suatu hari Asad bertemu dengan Zoya yang dirasanya mengganggunya lantaran gaya hidup Zoya yang kebarat-baratan sehingga tidak sesuai dengan pandangan hidupnya yang konservatif. Tetapi lama kelamaan Asad mulai mengenal Zoya sebagai gadis yang baik hati dan membawa keseimbangan pada hidupnya. Sejak itu, ia mulai proktetif dan sayang pada gadis tersebut, namun muncullah komplikasi baru lantaran teman masa kecil Asad, Tanveer (Amrali Gupta) yang ingin jadi orang kaya melalui pernikahan.

Untuk itu, Tanveer mengincar Asad sebagai suaminya sehingga berusaha memisahkan Asad dari Zoya. Upayanya selalu gagal, walau pernah membuat Zoya tanpa sengaja menikahi adik tiri Asad, Ayaan Ahmed Khan (Vikrant Massey), putra Rashid dari istri keduanya. Akhirnya Zoya dan Asad tidak bisa dihalangi untuk menikah. Pernikahan Zoya dan Asad menghasilkan dua putri kembar, Sanam dan Seher.

Namun Tanveer tidak bisa melupakan kegagalannya sehingga sangat dendam kepada Zoya dan Asad. Tanveer pun berusaha menghancurkan keluarga Asad dan Zoya dengan segala cara.

Cerita menginjak waktu 20 tahun kemudian, yaitu tentang hidup Sanam yang merupakan putri Asad dan Zoya serta Aahil yang merupakan pengusaha kaya dengan masa kecil yang kelam. Ketika takdir mempertemukan keduanya, hidup Sanam pun berubah. Setelah serangkaian kejadian yang tak menyenangkan selama hidup di Punjab bersama nenek dan sepupunya, Haya, Sanam memutuskan pergi dan mencari pekerjaan. Tanpa sadar, ia memasuki rumah Ibrahim yang merupakan kediaman orangtuanya terdahulu dan saat ini menjadi kediaman Aahil. Ia lalu tinggal disana sebagai juru masak. Hubungan keduanya tidak berjalan baik, ditambah lagi Sanam harus menghadapi tingkah laku yang tak menyenangkan dan kemarahan yang ditunjukkan Aahil padanya. Mereka selalu saja bertengkar bahkan untuk hal kecil sekalipun.

Surbhi Jyoti sebagai Sanam dan Karanvir Bohra sebagai Aahil


Namun, ketika Sanam menghancurkan egonya dan Aahil akhirnya menyelamatkan gadis itu ketika diserang oleh beberapa preman, Aahil menjadi semakin dekat dan berusaha selalu menjaganya. Ketika akhirnya pemuda itu jatuh cinta pada Sanam, terungkap fakta bahwa ia adalah anak tiri Tanveer yang tak lain merupakan pembunuh Asad dan Zoya, orang tua Sanam. Ibu Tiri Aahil mengingikan semua harta Nawab dikuasai oleh putra kandungnya, Rehaan, dan ia mencoba mempengaruhi Aahil untuk melakukan semua perintahnya. Ia memaksa Aahil segera menikahi Sanam, sebab ia tahu bahwa harta warisan itu akan menjadi sah milik Aahil jika pemuda itu telah menikah.

Amrapali Gupta sebagai Tanveer


Akan tetapi, setelah pernikahan itu terjadi, Aahil malah bersikap dingin pada Sanam. Sanam pun berteman baik dengan Reehan yang merupakan asisten Aahil. Diam-diam, gadis itu masuk ke sebuah ruangan milik orang tuanya untuk mencari tahu kebenaran mengenai kematian mereka. Ia lalu meminta bantuan Rehaan dan hal ini pula yang membuat keduanya semakin dekat serta terlihat bahwa Rehaan menyimpan perasaan terhadap Sanam. Aahil tidak senang dan salah mengerti mengenai hubungan keduanya dan ia pun bertengkar dengan Sanam. Aahil bersikap kurang baik pada Rehaan dan menyuruhnya untuk menjauhi Sanam. Rehaan terluka dan memutuskan pergi dari rumah untuk selamanya. Ia juga memberitahu Tanveer bahwa ia tidak akan mendukung kejahatan yang akan dilakukan ibunya untuk menguasai harta milik Aahil.

Shehzad Shaikh sebagai Rehaan dan Surbhi Chandna sebagai Haya

Disisi lain, Haya, sepupu Sanam yang bisu-tuli, terlihat menderita hidup di rumah Munisa, majikan yang jahat. Gadis itu diperlakukan seperti budak yang disuruh mengerjakan segala urusan rumah tangga. Saudara Munisa yaitu Rahat lah yang membantunya selama ini. Mereka lalu jatuh cinta, namun diganggu oleh Faiz, adik Rahat. Setelah serangkaian kejadian, Faiz malah jatuh cinta pada Haya dan ingin menikahinya. Dengan berat hati, Rahat membiarkan keduanya menikah.

Selama pernikahan, Tanveer mengeluarkan gas beracun di kamar Dilshad untuk membunuhnya. Akan tetapi Aahil berhasil menyelamatkannya namun pria itu terluka dan harus dibawa ke rumah sakit. Sanam mengkhawatirkan keselamatan jiwa Aahil dan mengingat semua kejadian yang telah mereka alami. Ia berdoa untuk kesembuhan suaminya, dan perlahan kondisi Aahil mulai membaik. Melihat perhatian Sanam yang begitu besar selama ia sakit, Aahil mulai kembali mencintai istrinya itu. Saat Sanam mengetahui masa lalu Aahil, ia berkata bahwa Aahil seharusnya kembali melanjutkan hidup dan tidak mengorbankan masa depan hanya karena masa lalunya.

Pada suatu hari, Seher yang tak lain adalah saudara kembar Sanam, tiba di Bhopal. Seher adalah tipikal gadis modern. Disana, Seher menggunakan nama Sunehri sebagai identitasnya. Rehaan berkenalan dengannya. Mengetahui status finansial Rehaan, Sunehri berencana untuk mengeruk uangnya. Sunehri memalsukan identitasnya dan bekerja sebagai asisten Rehaan. Gadis itu selalu berusaha membobol brankas Rehaan namun hati kecilnya selalu melarangnya melakukan itu. Ia pun mulai mencintai Rehaan karena mengetahui kebaikan hatinya. Ketika keduanya sudah saling mencintai, identitas Sunehri terbongkar oleh polisi. Sunehri mengakui kesalahannya pada Reehan sehingga membuat pria itu patah hati dan ia pun mengakhiri hubungan mereka.


Di kediaman Ibrahim, Tanveer melihat kedekatan hubungan Sanam dan Aahil yang membuatnya merasa khawatir. Ia menyuruh Aahil menandatangani surat harta kekayaan dan surat perceraian, namun Aahil menolak. Ia tidak ingin mengakhiri pernikahannya dengan Sanam. Hal yang serupa dilakukan Sanam. Meskipun Tanveer memaksa dan mengancam Sanam, gadis itu tak mau menandatangani surat perceraian yang disodorkan Tanveer. Sementara itu, Razia menandatangani kontrak dengan Seher sebanyak 50 lakhs dan berencana untuk menhancurkan hidup Tanveer.

Ingin tahu kisah selanjutnya?
Jangan lupa tonton QUBOOL HAI, mulai 8 Desember 2014 pukul 15.30 WIB di Indosiar.



Comments

Popular Posts