Film "HAMESHAA" (1997)

HAMESHAA yang berarti "Selamanya" adalah salah satu film favorit saya. Pertama kali nonton film ini waktu SD di dvd yang dipinjem dari persewaan, hahaa.. Untuk ukuran anak-anak, sebenarnya Hameshaa nggak layak tonton sih karena beberapa adegannya terlalu intim, walaupun tidak ada adegan ranjangnya. Biasa kan kalo waktu nyanyi-nyanyi ria, "kontak fisiknya" suka kebangetan, entah cium punggung, pelukan,dll... Apalagi yang bikin saya suka banget adalah pemeran utamanya, KAJOL ... gyaaaaaa...
Chemistrynya dengan Saif di film ini sungguh-sungguh bikin saya eerrrr (kontak fisiknya itu loh bikin aww-awww sampe temen saya bilang kalo filmnya jorok, hahahaha....)

Well, back to topic. Film keluaran tahun 1997 ini mengusung tema reinkarnasi. Mirip dengan movie bolly berjudul Prem (1995) tapi versi reverse-nya. Seingat saya Hamesha pernah ditayangkan satu kali di SCTV, entah tv lain pernah menayangkannya juga atau tidak. Saya berniat mereview film ini karena MNCTV berbaik hati mau menayangkannya pada 15 Februari 2015 jam 12 malam besok.




SINOPSIS (mengandung SPOILER)

Raja (Saif Ali Khan) and Yash Vardhan (Aditya Pancholi) merupakan teman sejak kecil. Yash berasal dari keluarga kaya raya dan berpenampilan parlente serta selalu mendapatkan apa yang dia inginkan, sedangkan Raja adalah kebalikannya, dari keluarga yang biasa-biasa saja

Suatu ketika, ada seorang gadis cantik bernama Rani (Kajol) yang tak lain menjadi mahasiswa baru di kampus Raja. Pemuda itu pun jatuh cinta pada pandangan pertama pada Rani. Rani awalnya tak terlalu menggubris Raja tapi lama-kelamaan ia pun jatuh cinta pada kesungguhan Raja.

Pada suatu hari, Rani akan pergi menemui Raja. Di tengah hujan badai, payung yang digunakannya terlepas dihempas angin. Saat itu, Yash menghentikan mobilnya dan menolong Rani. Dari sinilah masalah dimulai. Yash rupanya tergila-gila pada Rani, hingga bisa dibilang ia terobsesi untuk mendapatkan Rani.



Kecemburuan Yash makin menjadi-jadi saat ia mengetahui bahwa Rani adalah kekasih sahabatnya sendiri, Raja. Yash menjatuhkan Raja ke jurang dan hal itu tak sengaja terlihat oleh Rani. Rani marah dan menyalahkan Yash atas kekejiannya membiarkan Raja jatuh ke jurang. Sebelum ia bunuh diri dengan jatuh ke jurang,  Rani pun bersumpah akan hidup kembali untuk dapat meraih cintanya dengan Raja di kehidupan mendatang.

Tahun demi tahun berlalu. Yash tetap melajang karena tak mampu menemukan pengganti Rani. Saat di pesawat, ia tak sengaja melihat sebuah majalah. Di dalamnya terlihat gambar seorang penari cantik yang mirip sekali dengan Rani. Yash pun mencari gadis itu yang tak lain bernama Reshma. Dengan iming-iming akan membantu pengobatan ayah Reshma yang sakit-sakitan dan setelah menyogok kakak laki-lakinya yang pemabuk dengan sejumlah uang, Yash pun memboyong Reshma pergi bersama ayahnya. Dengan bantuan pelayan setianya, Yash menyulap penampilan Reshma agar mirip seperti Rani, bahkan ia memberi nama Rani pada Reshma. 

Reshma mulai dihantui mimpi buruk masa lalunya bersama Raja, hanya saja ia masih belum ingat identitas di kehidupannya yang lampau. Hingga saat pertunangannya dengan Yash, Reshma terkejut melihat penyanyi yang diundang di acara itu mirip sekali dengan laki-laki dalam mimpinya, Raja. Ketika asyik bernyanyi, pemuda itu tak sengaja bertemu pandang dengan Reshma dan entah kenapa tiba-tiba melodi yang tak pernah dilontarkannya langsung meluncur begitu saja dari bibirnya. Lagu itu tak lain adalah lagu kenangan Raja dan Rani, dan hal itulah yang akhirnya membuat Reshma mendapatkan semua ingatannya sebagai Rani.

Yash mulai khawatir dan ketakutan ketika melihat Raja yang dalam kehidupan sekarang bernama Raju. Ia memberikan uang dan menyuruh Raju pergi ke luar kota untuk mengejar mimpinya sebagai penyanyi terkenal. Reshma mencari Raju dan berusaha meyakinkan bahwa mereka adalah pasangan kekasih di masa lalu, akan tetapi Raju malah menganggap semua ucapan Reshma adalah omong kosong. Ketika ia menyerahkan Reshma ke tangan Yash, tak terasa air matanya malah mengalir tanpa alasan.

Ketika Raju akan pergi ke stasiun kereta, Reshma nekat pergi diam-diam dari rumah Yash untuk kembali meyakinkan Raju. Ia membawa bukti foto-foto masa lalu Yash dan Raja. Melihat itu, Raju terkejut dan ia mulai mempercayai Reshma. Yash pun mengejar Reshma dan Raju. Obsesinya yang berlebihan membuatnya menjadi sangat kejam hingga menghabisi orang-orang yang menghalanginya, seperti ayah Reshma, paman Raju, dan sahabat Raja di kampus. 

Di akhir cerita, ketiganya berada di Sunset Point, tempat kenangan terakhir sekaligus jurang kematian Raja dan Rani. Seperti saat dulu, Yash berhasil membuat Raju hampir jatuh ke jurang, namun berkat kepintarannya, keadaan pun berbalik dan akhirnya Yash lah yang jatuh ke jurang. Reshma dan Raju pun akhirnya berpelukan, dan cinta mereka akhirnya dapat bersama.




Walaupun saya menyukai film ini apalagi lagu kenangan mereka berdua yang bikin saya termehek mehek (sampe rela bersusah payah nyari downloadan filmnya yang susaaaaah banget), di negaranya sendiri Hameshaa nyatanya tidak berhasil di pasaran. Mungkin karena konflik yang biasa saja, dan adegan Saif-Kajol di beberapa lagu yang aww awwww, hahahaha ... membuat respon juga biasa-biasa saja. Well, I still love it dan ga bosen ngelooping film ini berulang kali.



Comments

  1. Lhooo!!! Ternyata aku nggak berkhayal lihat iklannya Hameshaa di MNCTV... -_- Nggak nonton deh :( Sedih... Hahaha
    Aku juga suka banget sama film ini, padahal yaa konfliknya biasa, tapi tetep suka :D Oh iyaa, btw pernah juga dulu di setel di SCTV sekitar tahun 2003an (masih ingat banget), nontonnya pas jaman SD juga, nggak pernah hilang dari ingatan saya, padahal waktu itu cuma nonton dari adegan Reshma mulai dihantui mimpi buruk masa lalunya terhadap Raja.
    Pas zaman SMA, sempat bikin aku stress karena nggak tahu judulnya apa, cuma ingat Kajol dan jalan ceritanya doang. Untung sekarang internet udah canggih, jadi tinggal ngelihatin list filmnya Kajol dan di periksa satu-satu yang plotnya cocok dan akhirnya ketemu deh :D
    Kalo mau download, coba cek di torrent aja mbak :D Btw, salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Shabrina, hehehe... untungnya saya udah dapet ni film di youtube, hehehe... finally ada yang ngeupload full version, abisnya nyarii selalu kepotong bagiana akhirnya sampe sebel. Iya, saya rela begadang buat mantengin ni film. Eh taunya MNCTV nge-php nayanginnya jam 1 malem T_T hiks hiks.... oh berarti sctv yang nayangin, bukan indosiar... salah saya nulisnya.. ntar diedit dulu, hehehe... trims ya udah komen

      Delete
    2. Sama-sama mbak Ai :D Wahh telat satu jam XDD dasar tv indonesia -_-
      Waktu itu aku nyangkanya jam 12 siang lhoo (sedih karena gak bisa nonton, gara-gara lagi di perjalanan Surabaya-Malang). Ternyata tengah malam yaa, tahu gitu begadang di kosan Y_Y
      Iyaa, seingat saya di sctv, soalnya zaman itu sctv hobi banget nyetel film india bunuh-bunuhan (nyetelnya siang-siang pula), coba zaman sekarang, pasti yang genre dewasa kayak gini di setel malam-malam.

      Delete
    3. kangen ya nonton film india jadul yang tahun 90an. mnctv seringnya ngelooping yang 98 ke atas sih, padahal yang dulu juga banyak yang bagus-bagus.

      Delete
  2. Mudah2an MNCTV menanyakan kembali film ni, sebab istri hanya dengar ceritanya dari saya....akhirnya pendamping pingin nonton film tersebut

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts