INDUSTRI PERFILMAN INDIA "BOLLYWOOD, KOLLYWOOD, TOLLYWOOD"


Mungkin lebih banyak orang yang merujuk/menyebut industri perfilman India dengan "Bollywood" saja. Padahal tahukah Anda bahwa Bollywood hanya merupakan salah satu nama industri saja di India. Masih ada Kollywood dan Tollywood yang cukup besar namun memang tidak terlalu populer di Indonesia. Lalu apakah beda antara ketiganya?

"Bollywood" berasal dari gabungan Bombay (nama lama untuk Mumbai) dan Hollywood. Bollywood adalah produsen film terbesar di India sekaligus salah satu produsen film terbesar di dunia. Film-film Bollywood secara resmi disebut sinema Hindi.

"Kollywood" merupakan industri film berbahasa Tamil berbasis di Kodambakkam, di kawasan Chennai.

"Tollywood" merupakan industri film berbahasa Telugu berbasis di Hyderabad.

Sebenarnya, istilah "Bollywood" berasal dari tahun 1970-an, ketika India mengambil alih kedudukan Amerika Serikat sebagai produsen film terbesar di dunia. Gelar pencipta istilah Bollywood telah diklaim oleh beberapa orang yang berbeda, termasuk di antaranya penulis lirik, pembuat film, dan cendekiawan bernama Amit Khanna, dan wartawan Bevinda Collaco.

Ide penamaan industri film Hindi sebagai Bollywood berasal dari sinema Benggala Barat yang disebut Tollywood. Istilah Tollywood yang merupakan peniru nama Hollywood yang pertama, sudah dipakai untuk industri film Benggala sejak 1932. Tollywood yang dulunya merupakan pusat sinema India, berpusat di selatan Kolkata, di tempat yang bernama Tollygunge (secara kebetulan namanya mirip Hollywood). Istilah Bollywood baru muncul kemudian setelah industri film yang berpusat di Bombay mengambil alih kedudukan Tollygunge sebagai pusat industri film India.

Selain ketiga yang sudah disebutkan masih banyak lagi industri yang lain seperti film berbahasa Bengali (Bengali Film Industry), industri film Kannada atau Karnakata yang memiliki istilah Sandalwood, industri film Malayalam atau disebut Mollywood yang berpusat di Kerela, industri film Oriya atau Ollywood di Orrisa, industri film Punjabi yang menamakan dirinya Punjwood, Sindhy film atau Sollywood, dll.



Comments

Popular Posts