Hermione in Me - Beautiesquad April Collaboration

Hai, balik lagi nih kolaborasi dengan temen-temen dari BEAUTIESQUAD. Kali ini Beautiesquad mengangkat tema tentang Hari Buku Internasional atau International Day of The Book (World Book Days). Buat kalian yang belum tahu, Hari Buku Internasional ini merupakan event tahunan yang dicetuskan UNESCO sejak tahun 1995 dan diadakan setiap tanggal 23 April. Karena itu Beautiesquad bikin tema ini nih. Menarik bukan?


Terus tema makeup yang berhubungan dengan World Book Days apa dong?
Beautiesquad membagi tema menjadi tiga kategori yaitu :
- Hermione Granger dari Buku Harry Potter
- Srintil dari Buku Ronggeng Dukuh Paruk
- Sayuri dari Buku Memoirs of Geisha
Nah loh, pasti pada penasaran kan, kira-kira kolaborasi makeup yang tercipta dari tiga tema ini bakalan kayak gimana?

Berhubung aku tuh die hard fans-nya novel dan film Harry Potter, dan aku nggak baca buku yang jadi pilihan lain Beautiesquad, aku akhirnya menjatuhkan pilihan buat bikin makeup look ala Hermione Granger. Sebelum kita ngomongin hasil kolaborasi aku, yuk kita ngobrol dikit lah soal sosok cewek yang satu ini.

Kalau kalian pernah menonton film Harry Potter, pasti kalian mengenal sosok sahabat perempuan Harry yang sangat pintar. Yup, dia adalah Hermione Granger. Hermione Jean Granger, nama lengkapnya, merupakan gadis keturunan Muggle (sebutan non penyihir di Eropa, atau No-Maj di Amerika). Menurut J.K Rowling, author dari Buku Harry Potter, Hermione lahir pada 19 September 1979. Kedua orang tuanya adalah dokter gigi dan sama sekali tidak memiliki kemampuan sihir apapun, itulah mengapa mereka disebut Muggle. Hermione dikenal sebagai sosok murid yang sangat cerdas, rasional, ambisius perfeksionis dan identik dengan buku-buku tebal sampai dijuluki "The Brightest Witch of The Age". Bahkan tugas-tugas yang dibebankan oleh guru-gurunya selalu dikerjakan dengan jawaban-jawaban yang sangat panjang dan cermat, hahahaha. Kerajinan banget deh ni anak satu. Selain Ron dan Harry, temennya itu ya Buku dan Perpustakaan.

Dalam novel, Hermione sudah muncul dari buku pertama. Ia digambarkan memiliki mata berwarna cokelat, sewarna dengan rambutnya yang keriting mengembang. Gigi depannya besar-besar akan tetapi pada buku keempat dimana dia terkena mantra oleh siswa yang membencinya, Draco Malfoy, Hermione mendapatkan pertolongan di rumah sakit sekolah yang membuat giginya dikecilkan hingga ke ukuran normal. Hehe, happy banget lah dia giginya jadi lebih bagus bentuknya.

Hermione pertama kali bertemu dengan Harry Potter saat berada di dalam kereta Hogwarts Express menuju Hogwarts, sekolah sihir tempat mereka belajar. Saat itu mereka belum menjadi sahabat. Bahkan Ron, sahabat pertama Harry, sangat tidak suka dengan Hermione. Ditambah lagi sifat Hermione yang "sok bossy" dan juga super menyebalkan karena saking pintarnya di kelas, bikin mereka nggak suka. Tapi karena satu kejadian dimana Harry dan Ron menolong Hermione yang terjebak di kamar mandi bersama Troll gunung yang sangat besar, kemudian Hermione bersikap seolah dia yang salah dan menerima hukuman dari para guru, akhirnya ketiganya menjadi sahabat. Kecerdasan Hermione banyak sekali menolong mereka dalam mengatasi banyak hal. Bukan hanya dalam teori, tapi nyatanya ia juga mampu merapalkan mantra-mantra yang sulit dan bahkan membuat ramuan rumit yang bahkan siswa seniornya belum tentu bisa membuat dengan baik.

Mata pelajaran yang disukai oleh Hermione adalah Mantra dan Arithmancy. Sedangkan mata pelajaran yang tidak disukainya adalah Terbang dan Ramalan. Ya, Hermione tidak pandai menaiki sapu terbang, dan untuk Ramalan, dia adalah siswa yang selalu menggunakan logika dan menurutnya Ramalan adalah suatu hal yang tidak masuk akal, ditambah lagi dengan pengajarnya yang selalu saja meramalkan kematian orang lain, membuat Hermione langsung cabut dari kelas Ramalan di hari pertamanya belajar. Wkwkwkwkwkw.. Kocak banget.

Sebetulnya, karena kepintarannya itu, topi seleksi (topi yang dipakaikan pada siswa baru Hogwarts untuk memutuskan dimana mereka masuk ke asrama yang sesuai) sempat kebingungan memasukkan Hermione ke dalam asrama Ravenclaw atau Gryffindor. Sebab Ravenclaw merupakan asrama yang berisi siswa-siswa dengan otak cemerlang. Namun akhirnya Hermione justru masuk ke asrama Gryffindor. Lucunya, banyak juga yang protes loh kenapa Hermione nggak masuk aja ke Ravenclaw. Hihi, rugi deh nggak dapet siswi brillian satu ini.

Oke, selanjutnya mari kita bahas apa saja yang dimiliki Hermione dan lumayan ikonik dalam buku dan filmya.

1. Tongkat Sihir

Tongkat sihir milik Hermione memiliki panjang 10 ¾” terbuat dari kayu batang anggur dengan inti berupa nadi jantung naga. Kalau melihat versi filmnya, awal-awal bentuk tongkat sihir semua orang tuh bantuknya gitu aja, lurus cokelat. Udah. Tapi ketika sutradara sudah berganti-ganti mulai dari film ketiga dan seterusnya, dan mungkin juga dari tim wardrobe dan lain-lain lebih mikirin detail aksesoris pemain, akhirnya bentuk tongkat sihir dari masing-masing orang berbeda-beda. Kalian bisa lihat dari gambar berikut ini. Kalau sebelumnya bentuk tongkat sihir cuma mulus panjang, sekarang tongkat sihir Hermione dibikin berulir dan berukir. 



2. Crookshanks

Crookshanks merupakan hewan peliharaan Hermione yang muncul di buku ketiga Harry Potter. Crookshanks digambarkan seperti setengah kucing setengah singa karena ukuran tubuhnya yang tanggung. Crookshanks seringkali terlihat bertikai dengan Scabbers, tikus milik Ron. Hal ini bukan karena sekedar hubungan antara kucing dan tikus yang sudah dari dulu tidak akur, melainkan karena Crookshanks tahu kalau tikus milik Ron bukanlah tikus biasa.


3. Time Turner

Karena kepintarannya, Hermione sempat mengambil beberapa kelas yang (gilanya) memiliki waktu yang bersamaan. Ron aja sampai bingung dan menganggap Hermione sepertinya salah menulis jadwal. Dan lebih anehnya lagi, usut punya usut, teman sekelas Hermione bilang kalau Hermione tidak pernah absen sekalipun. Jadi, bagaimana Hermione bisa mengikuti beberapa pelajaran dalam waktu yang sama?


Jawabannya adalah Time Turner atau Pembalik Waktu. Time Turner merupakan alat yang digunakan untuk melakukan perjalanan waktu. Bentuknya berupa kalung dengan dua lingkaran di dalamnya yang bisa berputar. Di bagian tengahnya terdapat jam pasir kecil yang berfungsi sebagai penanda waktu. Satu putaran berarti mundur satu jam. Sebetulnya Time Turner ini bukan milik Hermione sepenuhnya. Pada saat awal masuk tahun ketiga, Profesor McGonagall memberikannya pada Hermione yang ditujukan supaya gadis itu bisa mengikuti semua kelas yang diambilnya. Benda ini adalah milik Kementrian Sihir dan dipinjamkan hanya untuk sementara dan sifatnya sangat rahasia dan tak ada seorang pun yang boleh tahu. Tapi karena kejadian yang mendesak, Hermione menggunakannya bersama Harry atas sepengetahuan profesor Dumbledor, kepala sekolah Hogwarts.


Di Hogwarts, Hermione yang dikenal sebagai kutu buku ini sempat ditaksir oleh pemain nasional Quidditch (olahraga sihir) yang sangat terkenal berasal dari Bulgaria dan menjadi idola Ron. Ia datang ke Hogwarts di buku keempat dalam rangka mengikuti Kompetisi Triwizard, dan merupakan peserta dari sekolah sihir Bulgaria. Disini juga kita bakalan tahu kalau sebetulnya Hermione dan Ron saling suka. Cuma yah biasa, gengsi gitu kan mau ngomong. Tapi di akhir novel Harry Potter diceritakan kalau Hermione dan Ron akhirnya menikah dan punya dua anak yaitu Rose dan Hugo.

Ikut program KB kali ya, dua anak cukup, hihihi...

Kayaknya cerita tentang Hermione segini aja lah dulu. Cuma yang jelas, aku ngefans banget banget banget sama karakter Hermione. Ditambah lagi diperankan oleh Emma Watson di filmnya, menurutku udah perfect banget lah. Soalnya Emma juga sebetulnya sifatnya sama perfeksionisnya kayak Hermione. Jadi Klop!

Nah, berhubung aku pilih Hermione, jadi sekarang aku mau recreate penampilan ala Hermione. Walaupun nggak mirip-mirip banget tapi yah sudah berusaha lah ya.. Mohon dimaklumi. Anggep aja Hermione-nya lagi pergi ke Arab mau ikut pengajian, wkwkwkwkwk...

Oke, berhubung Hermione ini sebenernya masih anak sekolah, jadi untuk makeup yang dipakai cenderung ke natural atau no makeup makeup gitu deh. Alat tempur yang dipakai tidak terlalu banyak. bisa dilihat di foto di bawah ini :


Tahapan :

1. Sebelum menggunakan makeup, seperti biasa aku cuci muka dulu pake facial wash, menggunakan toner. Kemudian aku mengusapkan dan menepuk-nepuk soothing gel aloe vera dari Etude di area wajah untuk menghidrasi kulit wajah.
Sambil menunggu pelembab meresap, aku membentuk alis menggunakan pensil alis matic dari Etude. Karena menurutku warnanya masih kurang gelap, kutambahkan sedikit brow powder dari Focallure di area alis.

2. Step berikutnya, aku menaruh foundation di beberapa titik di area wajah. Lalu aku meratakannya dengan sponge egg yang sudah disemprot sedikit dengan air mawar. Foundation yang aku pakai adalah PAC liquid foundation no 03.

3. Oleskan concealer di bawah area mata, tulang hidung, dahi, dan dagu. Lalu ratakan kembali menggunakan sponge egg. Seperti biasa, aku menggunakan concealer Maybelline shade Fair Clair.

4. Set menggunakan bedak tabur dari Revlon shade "Cream Beige", kemudian tepuk-tepuk dengan bedak padat. Bedak Padat yang kugunakan adalah Maybelline Clear Smooth All in One Cake Powder yang shade "Sand Beige".

5. Selanjutnya aku berpindah ke area mata. Untuk membuat kesan natural, aku menggunakan warna-warna cokelat matte dari eyeshadow J.Cat "Sunset Blvd".


Awalnya aku menaruh warna nomor satu di crease area, lalu aku tambahkan nomor dua di crease untuk membuat kesan lebih deep. Terakhir, aku bubuhkan warna nomor tiga di area lid. Selesaaai.

6. Untuk membuat kesan bulu mata lebih tebal dan tampak natural, aku menggunakan eyeliner pencil hitam dari Make Over di bawah bulu mata.  Lalu tambahkan mascara supaya bulu mata terlihat lebih panjang dan lentik. Mascara yang digunakan adalah Maybelline hypercurl mascara.

7. Berikutnya, aku menggunakan Catrice Sun Glow Matt bronzer di area tulang pipi dan hidung. Lalu aku juga menaruh highlighter City Color hanya di sepanjang tulang hidung.

8. Sapukan blush on di area pipi. Blush on yang kugunakan adalah Emina pressed powder shade "Violet Berry".

9. Terakhir, aku menggunakan lip cream Wardah dengan unsur nude agar tampilan wajah terlihat natural. Shade yang kugunakan adalah shade no 14 My Honey Bee.

Dan hasil dari makeupku ini adalah seperti ini....

"WINGARDIUM LEVIOSA"


with the timer turner

Nah, selain makeup aku di atas, kalin juga bisa melihat inspirasi makeup look dari ketiga tema yang sudah disebutkan berikut ini :





Keren-keren banget ya... Termasuk ini nih salah satu temen aku. Dia coba recreate makeup ala tokoh Sayuri dari novel Memoirs of Geisha. Kalau kalian penasaran gimana ceritanya tentang Sayuri dan cara dia bikin makeup look kayak gini, langsung aja capcus ke blog NADIA aja ya.



Terimakasih sudah berkunjung, dan salam dari dunia sihir ...

"WINGARDIUM LEVIOSA"....



===================================

Youtube : Cherly Mae


Comments

  1. Aku tadinya sempat mikir cemana buat look hermione kalau pake hijab tapi ternyata bisa ya beb. Lirikannya persis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk.. Ixa bingung nih kalo pake hijab.. Walopun jadinya kek rambut lurus yawsud lah. Pasrah 😂😂😂

      Delete
  2. inspiratif isinya, canci, heheheee.

    ReplyDelete
  3. Ituu pallet jcatss nyaa buat racun aja nihhh😆😆😆 makeup nya sukaa😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli kak belii *kompor... Hehhehe.. Makasiiii

      Delete
  4. Lengkap banget ceritanya, uda dapat synopsis plus dapat kemiripan, sampai punya alat waktu itu ya, amazing lho salut banget 👍😁

    ReplyDelete
  5. SAMPE PUNYA TIME TURNERNYAAAAAAA, WAAAAA. ..

    ReplyDelete
  6. Waah cakep pake tongkat sihir segala. Thankyou yaa udah ikutan.

    ReplyDelete
  7. kak sirly, makeupnya cakep banget dah.... keliatan banget nih kak sirly fans "mati keras" nya harry potter hihihi

    ReplyDelete
  8. suka banget sama hasil make upnya kak, sangat natural..

    ReplyDelete
  9. Suka banget sama looknya simple dan natural banget

    Love, Sylvi Gautama ❤
    SYLVI SAYS HELLO | NEW POST | INSTAGRAM

    ReplyDelete
  10. makeupnya cakep beb, ku suka sama kalungnyaaaaaa

    ReplyDelete
  11. Pas baca cuplikan cerita ttg Hermione, aku jadi pengen nonton ulang lagi kak haha XD

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts